Mengunjungi Wisata Desa Situ Cihaurgeulis




Setelah mengunjungi berbagai tempat wisata di berbagai daerah seperti Bandung, Purwakarta, Banyumas bahkan sampai ke Lebak Banten. Kali ini saya akan membawa kalian mengunjungi tempat wisata yang berada di desa saya sendiri yaitu Situ Cihaurgeulis.
Kalau diterjemahkan menjadi bahasa indonesia cihaurgeulis adalah "air bambu yang cantik" penamaan ini diberikan agar situ ini menjadi tempat situ yang indah di pandang mata.

Situ Cihaurgeulis atau lebih dikenal dengan Cekdam Cihaurgeulis merupakan situ atau danau buatan yang terdapat di Dusun Cibeurih, Desa Sukahurip, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis. Situ Cihaurgeulis dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis untuk menampung air untuk disalurkan ke daerah sekitar desa Noong dan wilayah persawahan lain di sekitarnya. Tanah untuk pembangunan bendungan itu merupakan tanah bengkok milik Desa Sukahurip. Pengerjaanya memakan waktu hingga kurang lebih 6 bulan lamanya, mulai dari membebaskan tanah hingga terbentuk cekungan dan mulai meninggikan bagian tepi sebelah timur yang merupakan areal persawahan yang langsung berhubungan dengan Sungai Ciliung.
Kedalaman danau buatan Situ Cihaurgeulis bervariasi dari 0,5 meter di bagian timur laut dan yang paling dalam berada di sebelah tenggara yang mencapai kedalaman 6 - 10 meter. Bagian inilah yang merupakan pintu masuk ke Situ Cihaurgeulis. 60% tepi danau di bagian barat Cekdam Cihaurgeulis hingga timur laut dikelilingi oleh jalan yang berukuran 2 meter yang dapat diakses langsung oleh kendaraan ringan beroda empat.
(dikutip dari http://ciamissuka-suka.blogspot.co.id/2013/03/situ-cihaurgeulis-cisaga-kabupaten.html)

Seperti penjelasan diatas tempat ini diperuntukan untuk kalian yang ingin berlibur santai bersama keluarga atau teman dekat. Pada waktu dulu pas pertama kali tempat wisata ini banyak dikunjungi pengunjung dan fasilitas nya pun beragam ada permainan sepeda air, mendayung perahu, atau sekedar bersantai makan makan di sebuah saung yang didirikan di pinggir situ ini.
Pedagang juga banyak jadi kalian tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan dari rumah.


Tapi beberapa tahun belakangan ini, tempat ini sudah jarang dikunjungi. Sayang sekali kan ya ?
tempat situ yang indah ini jadi kurang pengunjung karena fasilitas nya yang tidak diperbaharui dan kurangnya promosi akan tempat ini.
Waktu saya pulang kemarin saya mendengar rumor akan ada investasi lagi untuk situ ini agar menjadikanya wisata yang populer di kabupaten ciamis, karena praktis dengan keluarnya pangandaran dari kabupaten ini, lokasi wisata yang tersedia di kabupaten ini hanya tersisa sedikit yang saya tahu yang cukup terkenal saja yaitu Curug 7 dan Situ Lengkong di Panjalu dan Wahana air baru di ciamis yaitu Icakan. Maka menurut saya menjadikan situ cihaurgeulis ini sebagai objek wisata favorit di kabupaten ciamis ini merupakan suatu keharusan, tempat nya lumayan strategis tidak terlalu jauh dari jalan provinsi hanya berjarak 7km ke arah rancah, dan tempat ini juga berada di jalur alternatif dari cirebon menuju ke arah jawa tengah.

Tapi untuk dapat menjadi tempat wisata favorit baik untuk kalangan muda dan orang tua, tempat ini harus menambahkan beberapa fasilitas seperti pos masuk, toilet pria dan wanita, mushola, dan juga area parkir yang luas. Tidak hanya itu diperlukan juga inovasi dari permainan permainan yang disediakan disini jangan hanya mengandalkan wisata air seperti menaiki sepeda air dan menaiki perahu dan rakit tapi ada juag permainan lain. Kalau gak salah disekitar situ ini ada hutan yang tidak terlalu lebat, nah hutan ini bisa dijadikan area outdoor, ada halang rintang, paint ball, dan bisa juga lintasan atv. Oh iya tempat ini juga bisa dibuat area camping, karena walaupun kegiatan camping ini kebanyakan dilakukan oleh sekolah sekolah yang mengadakan latihan atau pelantikan pramuka dan waktu nya juga hanya satu tahun sekali tapi potensi wisata ini bisa dijadikan agenda tahunan dan dengan promosi yang baik kita bisa mengatur agar semua sekolah dapat melaksanakan kegiatan pramuka nya disini.

Tapi untuk mencapai semua itu diperlukan dana yang tidak sedikit, perlu dukungan dari pemerintah kabupaten ciamis atau dari investor luar agar tujuan ini bisa tercapai. Untuk peran masyarakat nya di desa ini terdapat organisasi pemuda yang aktif yaitu HIPPCI (Himpunan Pemuda Pemudi Cibeurih), jadi untuk pengorgnisasian bisa kita serahkan kepada mereka.

Semoga keinginan saya ini bisa terwujud dan bisa di realisasikan secepatnya, jadi saya punya tempat wisata yang bagus di desa saya sendiri. Dan saat saya pulang kampung nanti saya bisa mengunjunginya dan bermain disana sebari berkumpul dengan keluarga dan teman teman saya.


Related Articles

0 comments: