TOUR TASIK - Pantai Karang Tawulan

Pantai karang tawulan berada di desa cimanuk, kecamatan cikalong, kabupaten tasikmalaya, provinsi jawa barat. Pantai ini mengawali perjalanan liburan di tasik, saya liburan ke sini pada saat hari libur kemerdekaan yaitu tanggal 17,18,19 Agustus 2018. Saya berangkat dari bandung pagi hari sekitar jam 8 dan sampai di rumah teman saya (sebut saja basecamp) sekitar jam 11an, karena itu hari jumat jadi kami sholat jumat dulu, lalu makan dan istirahat sebentar.

Pada awalnya pantai karangtawulan ini akan dijadikan spot wisata terakhir dalam rangkaian tour tasik ini, tapi karena berbagai pertimbangan akhirnya kita pun pergi ke pantai karangtawulan. Dari basecamp ke pantai ini perjalanan nya jauh dan tidak seperti perkiraan awal kami, pada awal nya perjalanan melewati daerah hutan, karena kami memilih jalur yang paling cepat untuk sampai, baru setelah mau sampai ke pantai kita memasuki daerah perkebunan dan tidak lama dari daerah perkebunan itu kita bisa melihat pantai.

Sensasi berkendara jauh dengan tujuan pantai selalu memberikan sensasi tersendiri saat pertama kali melihat laut dari kejauhan seperti saat perjalanan ke pantai santolo, kalo perjalanan ke pantai pangandaran kemarin gak termasuk karena saya berada di kursi penumpang dari awal sampai akhir (males nyetir soalnya).

Setelah perjalanan sekitar 3 jam an, akhirnya sampai juga di tujuan. Waktu menunjukan pukul 17.00 lebih, karena tujuan kita ke pantai untuk melihat sunset maka kita langsung masuk dengan membayar tiket 5k/orang dan untuk parkir nya 2k/motor.

Tidak banyak yang bisa kami nikmati dipantai ini, karena saat sampai cuacanya agak mendung jadi sunset pun tidak terlihat indah seperti seharusnya ditambah area wisata nya juga cuma ada 3 yaitu poponcol yaitu tebing di bibir pantai dengan pagar kayu yang mengelilinginya, lalu ada kalapa rea mungkin ada adalah daerah bibir pantai yang dipenuhi karang seperti ini

Area ini menurut saya adalah area terindah di pantai ini, karena banyaknya gugusan karang yang sebagian nya ada yang tertutup lumut disatukan dengan warna air laut dan langit yang berwarna orange. Pemandangan ini sangat memanjakan mata

Oh iya untuk turun kesini kita harus menuruni anak tangga yang cukup banyak, tapi gak papa itung itung pemanasan untuk naik ke gunung galunggung keesokan hari nya.

Area terakhir adalah batu bangkong, dalam bahasa sunda bangkong artinya kodok. Mungkin nama ini diambil karena area ini seperti kodok sedang diam

Ini foto area pertama yaitu poponcol