TOUR TASIK - Gunung Galunggung



Setelah kita mantai di hari pertama, pada hari kedua ini kita akan pergi hiking ke Gunung Galunggung. Daripada disebut hiking, kayaknya lebih cocok treking karena untuk sampai ke puncak sudah tersedia anak tangga. Ada dua opsi yaitu yang berwarna kuning yang berjumlah 620 dan yang berwarna biru kalau gak salah 530 anak tangga.

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Untuk mencapai puncak Galunggung, dibangun sebuah tangga yang memiliki 620 anak tangga. Di wilayah ini terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain objek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Objek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (Cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas. (dikutip dari wikipedia).

Untuk masuk ke kawasan wisata gunung galunggung, kita melewati gerbang seperti ini


Dengan membayar tiket sebesar 5k/orang kita sudah bisa masuk, untuk parkir beda lagi tergantung dengan dimana kita parkir dan biaya nya juga standar parkir wisata yaitu 2k/motor.


Ok lanjut, setelah parkir motor kita langsung naik saja melalui tangga kuning, ternyata 620 anak tangga itu banyak, kita pun berhenti di setiap pemberhentian, jadi setiap berapa anak tangga gitu ada area kecil yang bisa digunakan beristirahat sejenak. Setelah sekitar 15 menitan, akhirnya sampai di puncak, kita akan disuguhkan puncak yang sebenarnya dari gunung galunggung dan indahnya kawah dari atas sini



Kami kan berempat, 2 capek dan beristirahat di warung seperti ini


Tapi saya dan teman saya satu lagi memutuskan untuk coba turun ke kawah gunung ini, jalan nya sebenarnya gak jauh cuma karena medan nya yang bervariasi jadi sedikit melelahkan.
Pada awalnya jalan berpasir biasa, lalu kita akan melewati hamparan rumput ilalang. Nah setelah ini baru mulai ekstrem, jalannya mah tetap berpasir tapi karena menurun dan mulai sempit karena di sisi kita ada berbagai tumbuhan jadi cukup menyusahkan.
Tapi setelah melewati itu semua kita pun sampai di kawah dengan airnya yang kehijauan dan hamparan ilalang yang luas




Selain menikmati keindahan alam dengan mata kita, ada beberapa opsi wisata lain disini.
Seperti berbagai spot foto yang bagus


 Ada pemandian alam, tapi untuk kesini ada biaya lagi



Sebenarnya ada satu lagi lokasi wisata yang bisa datangi yaitu curug agung, tapi karena musim kemarau curug ini ditutup karena tidak ada air nya.














Related Articles

0 comments: